Kamis, 23 Januari 2014

Berwisata Kuliner Nikmat dan Hemat di Bogor

Berwisata ke Bogor alias kota hujan haruslah menikmati kuliner yang ada. Kota ini memiliki banyak sajian kuliner khas bogor, maupun kuliner inovasi makanan yang tidak kalah enaknya. Suasana yang sejuk membuat kita, terutama saya selalu lapar dan ingin makan. Berikut ini adalah rekomendasi tempat untuk wisata kuliner di bogor.
1.      Soto Buah Durian
Soto Durian
Makanan soto memang sudah terkenal di wilayah Indonesia, jenisnya bermacam-macam dan juga berasal dari berbagai daerah.  Jenisnya memang biasa dijadikan sebagai pelengkap nasi, seperti soto ayam dan daging. Tetapi soto ini berbahan dasar buah durian, bagi Anda pecinta buah durian wajib mencoba soto ini, Soto buah durian tentunya tidak menggunakan kuah kaldu, rasanya cenderung manis dan terdiri dari berbagai macam buah. Perbedaannya dari sop buah adalah kuahnya menggunakan buah durian. Durian yang diberikan berbentuk saus durian sehingga Anda bisa lebih mudah memakan soto buah durian ini.
Soto buah durian terdiri dari campuran berbagai jenis buah yang disiram dengan saus durian. Buah-buahan tersebut terdiri dari buah naga, strawberry, melon, jambu batu, anggur, mangga, apel, dan alpukat. Manisnya berasa dari durian membuat kenikmatan es ini. Letaknya di Jalan Pahlawan No. 49, Bondongan, Bogor. Harganya cenderung murah, hanya Rp.10.000. Buka dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB setiap hari.
2.      Sate Cungkring

Sate Cungkring
Cungkring memang berarti kurus, dan seperti tulang saja. Tetapi di Bogor, cungkring berarti makanan yang berupa sate kulit sapi, kikil, atau daging hidung sapi. Kuliner ini ternyata sudah ada sejak lama. Biasanya disajikan bersama lontong dan bumbu kacang dengan menggunakan alas daun pisang. Uniknya, sate ini bisa dinikmati dengan nasi ketan putih bercamur kelapa parut. Untuk menambah rasa gurih, kulit sapi yang digunakan diolah dengan bumbu kuning. Biasanya cungkring ii dimakan bersama oncom goreng atau tempe tepung. Makanan ini banyak ditemukan di pasar-pasar tradisional di Kota Bogor dengan menggunakan gerobak pikul. Salah satu rekomendasi untuk menikmati makanan ini adalah di Jalan Suryakencana Bogor, tepatnya berada di dekat perempatan Gang Atut. Warungnya dibuka mulai pukul 07.00 hingga habis. \
3.      Doclang Pak Amir
Doclang Pak Amir
Belum pernah mendengar makanan ini? Pastinya, saya juga belum pernah. Namanya memang asing, tetapi kuliner ini sebanarnya sudah ada sejak dulu namun tidak setenar asinan. Bertahannya kuliner ini adaalh tentu karena penggemar yang masih setia. Doclang adalah jenis makanan yang mirip dengan kupat tahu tetapi tidak menggunakan tauge dalam campurannya. Satu porsi Doclang berisi potongan lontong, telur rebus, irisan kentang rebus, irisan tahu goreng, dan kemudian disiram dengan bumbu kacang dan kecap. Jangan lupa kerupuk dan emping diatasnya, keunikan dari makanan ini adalah kecap dengan merek tertentu digunakan untuk makanan ini. Pak Amir menjual dagangannya di Jalan Veteran, tepatnya di pusat jajanan kaki lima Jembatan Merah. Doclang Pak Amir memang melegenda karena telah ada sejak tahun 1950. Doclang Pak Amir memiliki bumbu kacang yang khas dan sangat gurih. Buka pukul 16.00 hingga pukul 23.00.

Itulah tiga kuliner khas yang dijajakan di Bogor, selain tempat wisatanya yang menyenangkan ternyata bogor juga memberikan berbagai macam kuliner khas yang saying bila dilewatkan. Rasanya yang enak dan harganya yang murah menjadikan kuliner ini tetap bertahan sampai sekarang. Untuk berwisata ke Kota Bogor dengan murah dan praktis, silahkan klik DISINI. Anda bisa menemukan berbagai tempat wisata dan booking hotel Bogor dengan cara yang mudah. Berbagai hotel murah di bogor maupun yang berkelas tersedia. Berwisata pun akan lebih mudah dan menyenangkan, selamat berlibur!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar