Rabu, 18 September 2013

Sejarah Kota Bogor (Bagian 1)

Sejarah Kota Bogor
Sejarah Kota Bogor
Bogor adalah kota yang begitu dekat dengan Jakarta, dan kota yang di sebut kota hujan ini juga biasa di jadikan tempat alternative warga Jakarta untuk berlibur. Bogor memang memiliki berbagai tempat wisata unik dan tentunya menarik untuk di datangi, namun apa kamu tau sejarah mengenai kota bogor? Ya, tak hanya punya tempat unik dan menarik, bogor tentunya juga mempunyai tempat-tempat yang bersejarah. Bogor, sebenarnya masih belum ada yang tau pasti asal-usul mengenai awal mula nama bogor ini, namun ada beberapa spekulasi yang menyebutkan nama bogor berawal karna adanya orang sunda yang salah menyebutkan nama Buitenzorg yaitu nama kota bogor pada masa belanda, menjadi bogor. Emang sedikit aneh, namun spekulasi tersebut muncul karena anggapan terlalu kakunya lidah orang sunda yang pernah menyebut Batavia menjadi Batawi, atau ziekenhuis menjadi sikenhes . namun harus nya orang sunda menyebut buitenzorg menjadi betensoreh, bukan nya bogor.

Sejarah Kota Bogor
Sejarah Kota Bogor
Pada pantun Ngadegna Dayeuh Pajajaran (berdirinya kota pajajaran) di situ di jelaskan dengan begitu kuat mengenai asal muasal kenapa di beri nama Bogor. Dalam pantun tersebut di sebutkan bahwa bogor berarti tunggul kawung. Kita juga dapat menemui pada nama tempat tunggilis yang dekat dengan cileungsi dan jonggol. Arti dari tunggilis adalah tunggul pinang yang dalam bahasa kiasan berarti menyendiri atau sebatang kara.
Seperti yang saya bilang di awal artikel ini, memang banyak yang memberikan spekulasi mengenai asal muasal nama kota bogor, namun memang itu semua hanyalah sebuah pendapat yang terkadang memang kurang masuk akal. Namun sejarah di kota bogor tidak hanya sekedar awal mula nama kota bogor terbentuk.

Pada masa ibukota Pajajaran di serang oleh Banten dengan di bunuh dan di usir, dan seluruh ibu kota kerajaan di musnahkan hingga banten merdeka pada tahun 1695 dan di bawah VOC. Jadi pada jaman dulu, kota bogor termasuk dalam lingkungan kerajaan pajajaran, dan disitulah ibukota kerajaan. Dulu sempat juga di buat perkampungan di parung angsana yang pada akhirnya di beri nama kampung baru, dan ini lah yang pada akhirnya menjadi tempat awal lahirnya kabupaten bogor. Pada dokumen tahun 1701, di sebutkan Tanujiwa menjadi pemimpin koloni di darah kampung baru dan kampung lainnya yang berada di sebelah hulu ciliwung, hingga akhirnya terjadi penggabungan distrik pada tahun 1745. Dan di tahun 1745 kampung-kampung tersebut di gabungkan menjadi satu pemerintahan yang di pimpin kepala kampung dengan gelar Demang. Nama dari kampung-kampung yang telah di jadikan satu tersebut adalah Regentschap Kampung Baru, yang berubah lagi menjadi Regentschap Buitenzorg.
Sejarah Kota Bogor
Sejarah Kota Bogor
Sebenarnya pada tahun 1752, belum banyak orang asing yang ada di bogor, kecuali orang-orang belanda. Kebun raya pun baru saja didirikan pada tahun 1817. Dulu letak kampung bogor berada di dalam kebun raya  ini, dan dulunya di sebut pasar bogor. Pada tahun 1873, adalah tahun yang terpenting, karena di bukanya jalur kereta yang menghubungkan Batavia dengan Buitenzorg, yang mampu mempengaruhi perekonomian pada masa itu.
Dan dulu bogor sebagai destinasi orang-orang belanda sebagai tempat bersantai atau beristirahat, itu kenapa pada tahun 1895, ada tempat yang bersejarah yang dulunya hanya bisa di datangi oleh kalangan atas kaum belanda, dan juga ini sering menjadi tempat beristirahatnya para penjabat belanda dari penatnya Batavia. Untuk informasi mengenai tempat sejarah kota bogor ini, silahkan klik DI SINI.

Sejarah Kota Bogor
Sejarah Kota Bogor
Nama bogor juga banyak berubah walau kala itu kita sudah merdeka, berdasarkan undang-undang Nomor 16 tahun 1950 kota ini menjadi Kota Besar Bogor. Lalu pada tahun 1957, berubah menjadi Kota Praja Bogor, lalu mengikuti peraturan kembali, sesuai undang-undang no.1 tahun 1957, undang-undang no.18 tahun 1965danundang-undang no. 5 tahun 1974,berubah lagi menjadi Kotamadya Daerah Tingkat II Bogor. Hingga pada akhirnya di berlakukan undang-undang no.22 tahun 1999 menjadi Kota Bogor.


Inilah kota bogor yang begitu rindang dan sejuk hingga kini, jadi mari kita jaga dan lestarikan kota bogor sebagaimana mestinya, karena banyak sekali tempat-tempat yang penuh dengan sejarah kota bogor yang bisa kamu datangi. Untuk informasi mengenai tempat unik lainnya di kota bogor, silahkan klik DI SINI

1 komentar: