Senin, 10 Februari 2014

Udara Segar di Kebun Raya Bogor

Bicara mengenai Bogor, tentunya tidak lepas dari tujuan wisata yang sudah ada sejak lama. Apalagi kalau bukan Kebun Raya Bogor, wilayahnya merupakan bagian dari hutan buatan yang sudah ada sejak zaman pemerintahan Sri Baduga Maharaja dari Kerajaan Sunda. Hutan ini memang sengaja dibuat untuk menjaga kelestarian alam dan juga menanam pohon-pohon yang langka. Kemudian saat hutan ini mulai tidak terurus karena Kerajaan Sunda mulai takluk dengan Kerajaan Banten, barulah hutan ini dikembangkan oleh Belanda.
hotel di Bogor
Pepohonan di Kebun Raya Bogor
Rumah peristirahatan yang dibangun disekitar hutan tersebut, ketertarikan Gubernur Thomas Stamford Raffles terhadap bidang botani membuatnya serius mengembangkan halaman rumahnya menjadi sebuah kebun yang cantik. Tidak main-main, ia bahkan mendapatkan bantuan botani yang membuat taman yang sekarang adalah Kebun Raya Bogor ini semakin berkembang. Ide pembuatan kebun ini berawal dari ahli botani, yaitu Abner yang mengungkapkan keinginannya untuk membuat suatu lahan yang ditanami dengan tumbuhan yang bermanfaat, permintaan itu ditulis melaui surat.
Pasa tahun 1817, Gubernur Jenderal Goders Alexander Gerard Philip van der Capellen sevara resmi mendirikan Kebun Raya Bogor. Pada saat itu diperkirakan ada 900 jenis tanaman yang ada di Kebun Raya Bogor, tanaman itu berasal dari seluruh Nusantara. Baru pada tahun 1956 Kebun Raya Bogor dipimpin langsung oleh warga negara Indonesia, yaitu Sudjana Kasan. Bila kita datang ke Bogor, sempatkan diri untuk mengunjungi Ir Juanda No. 13 Bogor. Disana Kebun Raya Bogor dengan segala jenis tanamannya menanti kedatangan Anda, jangan heran jika disini kita masih bisa melihat pohon-pohon besar yang membuat suasana begitu rindang.
hotel di Bogor
Jembatan Merah Kebun Raya
Tidak hanya itu saja, banyak tempat menarik yang bisa Anda kunjungi seperti museum zoologi. Letaknya dekat dengan gerbang utama, di museum ini kita bisa melihat 200 jenis binatang yang diletakkan pada 75 kotak dan 60 lemari kaca. Hewan-hewan tersebut diawtkan secara legal, disana banyak pengetahuan baru yang bisa kita dapatkan. Selain itu, juga ada herbarium, laboraturium botani, kenbun percobaan, laboraturium kimia, laboraturium farmasi, perpustakaan, dan lain-lain. Kalian juga bisa melihat megahnya Istana Bogor yang bergaya Eropa. Sambil menikmati udara sejuk di Bogor kita bisa menantap makanan yang telah dibawa dari rumah atau juga bisa membeli disana, untuk menjaga kebersihan dan keasrian tempat ini jangan membuang sampan sembarangan.

Selesai berkeliling Kebun Raya Bogor, kita bisa menginap disalah satu hotel bogor. Disana terdapat berbagai pilihan hotel di Bogor, dengan berbagai fasilitas yang menarik. Untuk memudahkan perjalanan wisata Anda, bisa langsung klik DISINI. Semoga liburan Anda menyenangkan, jangan lupa membawa kamera untuk mengabdikan setiap momen indah yanga ada. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar